editor : rahadio

indonesiapersada.id I MAGELANG - Sore itu suasana cukup cair ketika orang nomor satu di Jawa Tengah memulai perbincangan hangat dengan dua local Hero di  Lereng Menoreh.

Dengan mengenakan topi bermotif garis kuning hitam, Ganjar Pranowo mulai mengulik tentang cerita inspiratif dari kedua narasumber, Noeryanto penggagas wisata seni budaya Omh Mbudur dan Shoim Setam selaku pegiat lingkungan di lereng menoreh.

" Mereka ini cocok kalau disebut inspirator, karena memang berawal dari nol. Mulai dari bukan siapa-siapa menjadi mereka yang seperti sekarang ini," kata Ganjar Pranowo ketika menjadi Penyiar dalam program Mas Ganjar Jadi Penyiar dengan tema Asa Dari Bukit Menoreh yang disiarkan langsung dari LPPL Gemilang FM Magelang, Sabtu 27/11/2021.

Acara yang turut disiarkan melalui live streaming dan Youtube tersebut juga turut serentak di relay oleh LPPL Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Wiwit Puryanto atau Ipunk bertindak sebagai host secara natural dan mengalir mengarahkan narasumber dan co host yaitu Ganjar Pranowo dalam kegiatan talkshow tersebut.

" Saya yakin banyak kisah-kisah inspiratif yang tentunya akan didapatkan dalam perbincangan kali ini. Dan bukan hanya di Kabupaten Magelang namun menginspirasi semua pendengar yang ada di Indonesia," lanjut Ganjar.

Shoim Setam, yang hadir sebagai narasumber penggerak pelestarian lingkungan di lereng Menoreh mengatakan jika kondisi lingkungan sekitarnya yang selalu menjadi inspirasi untuk dirinya melakukan kegiatan pelestarian.

" Inspirasi saya melakukan pelestarian lingkungan ya lingkungan itu sendiri. Mengalir begitu saja. Saya hanya melakukan apa yang memang seharusnya saya lakukan," kata Shoim.

Sementara Noeryanto, membawa suasana haru ketika dirinya bercerita awal mulai merintis usaha yang dimulai dari seorang pedagang asongan. Menurut Noeryanto, kehidupan yang dijalani telah menempanya hingga saat ini.

" Berawal dari mengumpulkan kaleng susu bekas, kemudian saya buat mainan dan saya tawarkan di Borobudur. Karena saya tidak bisa caranya menawarkan ya mainan itu hanya saya mainkan saja di depan anak-anak kecil, sehingga anak itu kepengen dan beli," cerita Noeryanto dengan mata berkaca-kaca.

Asa Dari Bukit Menoreh, tersirat dengan jelas dari kedua narasumber tersebut. Dalam closing statement Ganjar Pranowo menyampaikan jika tidak ada hasil tanpa sebuah proses panjang. Butuh keuletan, kesabaran dan inovasi untuk mencapai titik yang diinginkan.

" Radio juga harus terus berinovasi memberikan informasi dan hiburan yang segar dan mendidik untuk masyarakat. Radio Gemilang ini bagus, live streaming, live YouTube, hostnya juga santai mengalir, mantab untuk radio Gemilang," Pungkas Ganjar Pranowo

Seperti diketahui, Program Mas Ganjar Jadi Penyiar dengan tema Asa Dari Bukit Menoreh merupakan program rutin dari Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia. Sudah terlaksana sebanyak empat kali yaitu di LPPL Radio Kenambai Umbai FM Kabupaten Jayapura Papua, Radio Istana FM Kota Ternate Maluku Utara, LPPL Radio Suara Giri Menang FM Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat dan LPPL Radio Gemilang FM Kabupaten Magelang Jawa Tengah.(de)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.